Jumat, 22 Desember 2017

Ternyata Ini Bahaya Mengarahkan AC ke Kaca Samping

Ternyata Ini Bahaya Mengarahkan AC ke Kaca Samping

Saat musim hujan, biasanya para pengendara menyalakan AC agar kaca tidak ada embun di kaca.
Rabu, 13 Desember 2017 08 : 00 WIB

Ilustrasi AC Mobil (holidayservicecenter.net)
  •  
  •  
  •  
  •  
  • 94
    SHARES
Editor : Rohimat Nurbaya
Reporter : Rohimat
Otosia.com - Saat hujan, biasanya pengemudi menyalakan pendingin suhu udara atau AC. Tujuannya agar tidak ada embun yang menghalangi kaca. Terutama kaca depan. Tetapi karena cuaca sedang dingin, ditambah AC banyak pengendara yang memilih untuk mengarahkan posisi AC ke kaca sampaing.
Namun ternyata, mengarahkan udara dingin dari AC di bagian dashboar ke arah samping kiri atau kanan, sangat tidak disarankan. Sebab, berpotensi menimbulkan kecelakaan. Salah satunya terjadi pengembunan di kaca samping. Sehingga menghalangi penglihatan ke kaca spion.
General Repair Service Manager Workshop Department Technical Service Division di PT Toyota Astra Motor, Iwan Abdurahman mengatakan, embun juga bisa terbentuk dari udara dingin yang diembuskan AC.
"Kurang lebih sama seperti AC ketika diarahakan ke satu kaca, maka permukaan kaca tersebut menjadi dingin satu titik saja. Dan akibatnya, uap air menempel di luar kaca. Air itu kan bisa berubah jadi gas atau padat," ujar Iwan kepada Otosia.
Menurut Iwan, pengembunan itu tidak hanya terjadi pada mobil yang harganya murah, seperti Low Cost Green Car (LCGC). Kata dia, pada mobil mewah pun pengembunan itu bisa terjadi.
Iwan menyarankan untuk menghindari pengembunan itu yang harus dilakukan adalah, AC jangan diarahkan ke kaca samping, karena ketika itu titik untuk melihat spion kanan dan kiri, jadi bahaya.
"Saya biasa kalau hujan pinggiran AC saya tutup, pakai yang tengah saja dan arahkan ke atas, biar tidak kedinginan," tuturnya.

PROMO CUCI GUDANG HONDA KALTIM Diskon 30 jt Up Honda BR-V &Mobilio Buruan Stock Terbatas