Jumat, 01 Desember 2017

Cepat Mengantuk Karena Hujan Saat Berkendara? Ini Cara Atasinya

Sabtu 02 Desember 2017, 07:39 WIB

Cepat Mengantuk Karena Hujan Saat Berkendara? Ini Cara Atasinya

Ruly Kurniawan - detikOto
Cepat Mengantuk Karena Hujan Saat Berkendara? Ini Cara Atasinya Foto: Mindra Purnomo
Jakarta - Berkendara saat cuaca hujan atau dingin memang cenderung lebih melelahkan daripada biasanya. Belum lagi ditambah dengan suasana yang sangat mendukung untuk memejamkan mata. Berdasarkan hal ini lah peristiwa kecelakaan berkendara sering kali terjadi.

Master of Nutrition and Dietetics (Ahli Gizi) dari University of Sydney, Leona Victoria Djajadi mengatakan memperhatikan asupan makan siang atau sebelum berangkat pulang kerumah dari seharian kerja harus menjadi perhatian khusus agar tidak tambah mengantuk. Dirinya pun menyarankan, untuk makanlah secukupnya, jangan terlalu berlebih.

"Jangan makan terlalu kenyang karena jika terlalu banyak makan, biasanya akan ada rasa ngantuk saat mulai mengolah makanan," tulisnya ketika dihubungi detikOto lewat pesan singkat, Jakarta.

"Hal ini karena kita membutuhkan energi untuk memulai proses pencernaan makanan jadi fokus energi di tubuh biasanya ke saluran pencernaan (makanya terasa ngantuk)," lanjut Leona.

Selain itu, untuk kebutuhan cairan ditubuh, tambah Leona, jangan meminum minuman yang berkalori atau bergula ya, Otolovers. Karena, minuman tersebut memacu kita menjadi lebih haus dan jadinya terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat yang belum tentu dibutuhkan ditubuh. Ujungnya, kita pun akan cepat mengantuk karena hal ini.

"Cukup hidrasi dengan cairan yang tidak berkalori atau bergula seperti air putih, teh tawar, teh hijau tawar, infused water. Karena, minuman yang bergula justru akan lebih cepat haus dan terlalu banyak karbohidrat yang masuk (belum tentu itu digunakan karena sedang duduk dikendaraan)," ujarnya.

Tak lupa juga ia mengingatkan untuk beristirahat yang cukup sebelum berkendara maupun setibanya dirumah. Selalu berkendara dengan aman dan fokus ya, Otolovers.(lth/ddn)

PROMO CUCI GUDANG HONDA KALTIM Diskon 30 jt Up Honda BR-V &Mobilio Buruan Stock Terbatas